Langsung ke konten utama

semester 5

btw nggak kerasa ya udah mau diakhir semester 5 di farmasi. kira-kira dua minggu lagi bakal memasuki hari-hari yang berat. berat... iya... UAS (ujian akhir semester).

senin (29/12) : -
selasa (30/12): analisis farmasi praktikum
rabu (31/12)  : farmasetika sediaan likuida, Biofarmasi, (lanjutan) prak.analisis farmasi
kamis (1/12)  : tahun baru yang tidak tentram wkwk
jumat (2/12)  : farmasetika sediaan likuida praktikum
senin (5/12)   : farmasetika sediaan solida
selasa (6/12)  : farmasetika sediaan solida praktikum
rabu (7/12)    : farmakologi dan toksikologi I, fitokimia
kamis (8/12)  : analisis farmasi
juma (9/12)   : manajemen farmasi, fitokimia praktikum

he he. semacam horor. part horornya sih bagian selasa ke rabu, di minggu pertama dan kedua. eh nggak ding, tiap hari horor huhuuuu. help belom nyicil satupun lagi zzz.

2 minggu yang lalu juga lagi masa-masa rempongnya angkatan kita. lagi sibuk ama seminar sediaan likuida dan presentasi analisis farmasi materi validasi metode. untungnya, kelompokku seminar likuidanya sih dapet minggu pertama (dan maju pertama). sedangkan anfarnya diminggu kedua. taaaaaapi, masih ada tugas-tugas biofar, menfar, laporan praktikum solida, dan....rempong ngurusin kromatografi kolom fitokimia. :') finally, kita bisa melewati itu semua guyyys!

3 lelaki kelelahan dengerin materi presentasi validasi metode :))))

ah, waktu berjalan begitu cepat ya. apalagi semester 5 ini. apa mungkin....



 gara-gara kegiatannya padattt sampe akhirnya nggak kerasa?

apa yang udah didapat di semester ini?

  1. Manajemen farmasi. mata kuliah ini belajar tentang dasar-dasar manajemen secara umum, yang nantinya dikaitkan dengan kefarmasian. tugas-tugas yang diberikan seperti presentasi dari jurnal, nge-jawab latihan soal dari buku pustaka, essay singkat, sampai yang seru seperti bagaimana sih tipe/sifat kepribadian kita. selain itu, belajar juga bagaimana memanajemen apotek dari sisi layout ruangan, tata barang, dan sedikit belajar tentang akuntansi. iya sediiiikit doang. mungkin bakal lebih detail waktu profesi.
  2. Biofarmasi. kalo matakuliah yang satu ini, termasuk seru menurutku. kita dapet ilmu bagaimana sih obat diformulasikan, bentuk sediaan dan formulasi yg bagaimana yang bagus untuk keadaan tertentu, sampe bagaimana kerja obat didalam tubuh hingga mencapai efek terapi sampai diekskresikan kembali. matakuliah ini menurutku luaaas banget cakupannya, mungkin bisa diperdalam lagi waktu formulasi sediaan likuid, solid, steril, semisolid, farmakodinamika, dan farmakokinetika.
  3. Farmakologi dan Toksikologi I. ini nihhh matkul yang greget. apalannya buaaanyak, dan salah satu mata kuliah yang susah dapet nilai A nya. boro-boro dapet A, dr.Danti aja bilang,"semoga nilai kalian bisa dapet B". "lhoo buu, kok B. ya A dooong". "rata-rata C-D-E kalo B aja uda alhamdulillah. yang dapet A paling ada 1-2 orang. berarti yang nggak normal siapa?"."..... yang dapat A buuu". krik.krik. dosennya pun bilang seperti itu. cedih beuuuuuutttt. sebenernya sih enak matkul ini. kita bisa belajara respon obat didalam tubuh, obat-obat apa saja yang diberi, bagaimana mekanisme kerja obat di tubuh. semuanya bisa dikaitkan dan masuk akal. tapi....soal-soalnya.... errrrr.... diluar kuasa mahasiswa.....
  4.  Analisis Farmasi II. matkul ini lanjutan dari anfar I di semester lalu. materi-materinya juga masih berhubungan sama semester lalu. cuman, disini lebih ke pengembangannya. ada analisis sampel biologis (salah satunya urin) yang di cek kadar obatnya pake metode spektro, analisis kandungan senyawa kimia di minuman pake KLT densito, analisis bahan baku obat pake FT-IT, spekto, KLT, trus kadar obat di sediaan pake spektro UV sm HPLC, angka lempeng total mikroba di minuman, dll. yang asyik dari anfar, kita bisa belajar operasiin alat-alat yang super duper mahal pooool seperti alat-alat diatas dan di lab.bioteknologi, serta di Unit layanan pengujian (ULP) yang alat-alat analisisnya lebih canggih.
  5. Farmasetika Sediaan Solida. kalo matkul yang satu ini, belajar tentang seluk beluk sediaan obat yang bentuknya solida (padat). ruang lingkupnya tablet dan kapsul. jadi belajar mulai dari praformulasi-formulasi-produksi untuk skala industri-sampai quality control (evaluasi produk). matkul ini rada santai dibanding sediaan satunya wkwk. kita presentasi formulasi kemudian bikin obatnya, sampe evaluasi sediaan kita sendiri apakah memenuhi syarat dan spesifikasi apa nggak. serunya, kita bisa utak-atik bahan di formula dan membuktikan apa sesuai dnegan teorinya nggaak hasil dari sediaan kita.
    solidaa! *ada yang bobok dipojokan wkwkw*

    hasil sediaan pertama kita. tablet ibuprofen!
  6. Farmasetika Sediaan Likuida. ini matkul identik dengan kesibukan dan diskusi. jadi selama ini yang aku liat waktu jaman-jaman semester muda *ceileee* adalah kesibukan kakak tingkat lembur buat matkul ini. sebenernya sama aja kayak solida, bedanya ini sediaan likuida (cair ; sirup, drop, suspensi, sirup kering). akan tetaaaaapi, metode pembelajarannya yang diterapin beda. jadi kita diskusi dulu+tanya jawab sama dosen tentang formulasi yang akan kita buat sesuai dengan tugas dari dosen yang ditulis dalam bentuk jurnal. ini nih yang bikin lama... hiks. kalo ada revisi, kita lembur lagi buat memperbaiki jurnal/formulanya. baru ntar minggu depannya lagi baru proses produksi dan evaluasi. kalo waktunya nggak cukup, kita ngambil jam kosong dihari lain :') ending dari matkul ini, kita seminar sesuai tugas yang diberikan. disini mengaplikasikan mata kuliah lain seperti farmasi fisik, kimia dasar, farmakologi, dll. he he...menguras otak dan tenaga. tapi bakal dikangenin saat-saat diskusi lembur sama temen-temen, gila dan stress nya waktu garap tugas, dan bahkan ngerasani kelompok sebelah... *eh*
    hasil sediaan pertama kita. Drop parasetamol.
  7. Fitokimia. matkul ini sebenernya matkul semester 6, tapi udah aku ambil disemester ini. yaaa atur strategi biar semester depan bisa ambil fitofar yang katanya susah.. (susah matkul dan susah lulus). seru sih, santai, kita belajar skrining senyawa kimia di tanaman yang punya efek farmakologi. 
nah itulah sekilas kegiatan perkuliahan disemester ini. padat, menguras otak, tapi pasti ngangenin. kita juga bisa mulai mengenal karakter temen-temen kita lebih dalam lagi. apalagi waktu kerja kelompok..... :) yah gitu deh pokoknya, seru kok. aku cinta kelas D 2012 ku! :D

Komentar

Popular Post :