Langsung ke konten utama

a s t r o n o m i

Sedikit pengetahuan tentank astronomi,yang qw ambil dari buku pintar ilmu pengetahuan modern.. moga b’manfaath ^^

APA YANG DIMAKSUD DENGAN LEDAKAN BESAR [BIG BANG] ?
Diperkirakan 14 miliar tahun yang lalu alam semesta ini volumenya nol dan kerapatannya tak terhingga. Ini artinya, alam semesta ini dulunya tidak ada. Kemudian, terjadi sebuah ledakan besar yang inilah disebut big bang. Sejak terjadi ledakan besar inilah kemudian tercipta alam semesta. Galaksi”,pLanet”,bintang”, dan juga bulan akhirnya memenuhi alam semesta ini dan masih berkembang hingga sekarang.


BAGAIMANA KITA TAHU BAHWA ALAM SEMESTA INI MASIH BERKEMBANG HINGGA SEKARANG ?
Menurut teori fisika, spectrum cahaya yang sedang bergerak mendekati kita, cenderung berwarna ungu. Jika bergerak menjauh dari kita, warnanya akan menjadi merah. Tahun 1929, Edwin Hubble mengamati bintang-bintang dengan teleskop raksasa. Dia menemukan bahwa spectrum cahaya bintang cenderung berwarna merah. Maka, disimpulakn bahwa bintang” bergerak menjauhi kita. Jika bintang” bergerak menjauh, berarti alam semesta ini bertambah besar dan berkembang.

APAKAH YANG DISEBUT BLACK HOLE [LUBANG HITAM] ?
Jika sebuah bintang kehabisan energy, maka bintang itu hancur ke dalam dirinya sendiri sehingga menjadi sebuah lubang yang kerapatannya tak terhingga serta medan magnetnya yang kuat. Saking kuatnya, cahaya yang melintas di dekat lubang ini, maka akan terhisap ke dalamnya. Bintang yang berada di dekatnya pun perlahan-lahan akan terhisap ke dalam sini. Lubang inilah yang disebut lubang hitam.

SIAPA PENEMU KONSEP LUBANG HITAM ?
Stephen hawking adalah seorang fisikawan kelahiran Inggris yang merumuskan konsep lubang hitam. Ia dianggap sebagai ahli fisika teori paling hebat saat ini. Stephen hawking menderita penyakit lougehrig yang membuatnya tak bisa menggerakkan kaki serta tangannya dan juga tidak bisa bicara. Ia menggunakan kursi roda kemana-mana. Untuk berbicara, ia menggunakan sebuah voice synthesizer yang bisa mengeluarkan suara dengan bantuan computer. Hebatnya, Stephen hawking tidak bisa menggunakan kertas dan pena dalam merumuskan sesuatu. Ia hanya membayangkan di kepalanya.

BISAKAH MATAHARI KEHABISAN ENERGI?
Diperkirakan, paling cepat 4 miliar tahun lagi, matahari akan kehabisan bahan bakarnya dan matahari akan membesar. Keadaan ini dinamakan raksasa super. Planet-planet dekat seperti bumi, akan terpanggang. Setelah itu, matahari akan menyusut kembali dan keadaan ini dinamakan si cebol putih, karena matahari akan menjadi 100 kali lebih kecil dari ukuran sekarang dan warnanya menjadi putih.

BENDA APA YANG PALING JAUH DARI MATAHARI DALAM TATA SURYA KITA ?
Kabut oort adalah benda terjauh dari matahari dalam tata surya kita. Kabut ini jauhnya 100 kali jarak matahari ke Pluto. Kabut ini terdiri atas es dan batuan yang mengelilingi tata surya kita.

Komentar

Mr. JeniuZ mengatakan…
haha akhiirnya q comment dulu

Popular Post :

hello 2015!

bonjour! postingan pertama nih di 2015. tahun baru nggak kemana-mana dong coyyy, sebagai mahasiswa Airlangga yang taat kuliah kami harus menahan godaan bersenang-senang karena......ini minggu-minggu ujian :') but, everything is allriiiight! udah biasa juga sih buat orang kayak aku nggak hura-hura ikutan euforia awal tahun, soalnya emang dari kecil aku dibiasakan sederhana seperti kumpul bareng keluarga atau tetangga sekitar buat sekedar bakar-bakar ikan dan sebagainya. bagaimana dengan 3 tahun ini? hahahahaaa tahun pertama : ndekem di kosan waktu yang lain hang-out ke mall. tahun kedua : di rumah Malang ikut bakar-bakar ikan. tahun ketiga : ndekem dikos gulung-gulung dikasur macak ujian nggak ada padahal masih banyak. yaaah yasudahlah, ini sudah 2015. tahun baru. biasanya banyak resolusi-resolusi tahunan yang banyak beredar. jadi inget jaman sd-smp-sma dulu, aku seriiiing banget bikin resolusi tahunan. tapi nyatanya? krik....... beberapa bulan kemudian lupa sama resolusi sendir